Jalan-jalan ke Bandung Jajan Jajanan Khas Bandung

Walaupun pernah tinggal dan menetap di Bandung selama 16 tahun, rasanya kerinduan jalan-jalan ke Bandung sering mengusik hati. Apalagi setelah si Bungsu kuliah di UPI Bandung, semakin sering jalan-jalan ke Kota Kembang tersebut.

Barangkali yang paling menyenangkan apabila ada sempat waktu jajan di tempat Jajanan Khas Bandung yang banyak tersebar di Kota Priangan tersebut. Beberapa jenis jajanan khas Bandung masih sangat “friendly” dengan lidahku ini, seperti Siomay, Colenak, Peuyeum dan Sorabi Bandung.

siomay

siomay

SIOMAY - Makanan khas Bandung ini terbuat dari tepung aci dan ikan,diberi bumbu kemudian dikukus, dan disajikan atau dimakan dengan telur rebus, kol, tahu, kentang dan dicampur dengan saus kacang, yang sudah dibumbui, hampir sama dengan bumbu saos kacang batagor. Siomay ini terdapat di beberapa rumah makan, warung yang ada di kota Bandung.

 

 

Colenak

Colenak

COLENAK – Orang Bandung memang pandai menciptakan makanan yang unik dengan

nama yang unik pula. Seperti halnya dengan makanan yang terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar di atas arang yang kemudian ditaburi dengan saus gula merah dan kelapa parut yang diberi nama colenak, singkatan dari ‘dicocol enak’.

 

Peyeum Bandung

Peyeum Bandung

Peuyeum atau tape singkong adalah makanan khas Kota Bandung yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma alkohol. Peuyeum ini dibuat dari singkong yang difermentasikan. Orang sering mengatakan peuyeum sama dengan tape singkong, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yaitu peuyeum lebih kering daripada tape.
Hal ini dikarenakan perbedaan dalam proses pembuatan dan penyimpanannya. Peuyeum dengan kualitas bagus yaitu peuyeum yang baunya dan rasanya enak, manis dan asam. Peuyeum dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Bandung seperti di sekitar Terminal Leuwi Panjang, di Pasar Baru, dan di pasar-pasar tradisional.

batagor

Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng yaitu tahu yang diisi dengan campuran aci  (tepung tapioka) dan daging ikan tengiri. Teman makan batagor adalah siomay yang juga terbuat dari campuran aci (tepung tapioka) dan daging ikan tengiri, namun dibungkus dengan kulit pangsit. Keduanya dimakan dengan cara dicocol dengan saus kacang dan kecap. Makanan ini hampir dapat dijumpai di beberapa tempat yang menjual makanan khas Bandung. Batagor Kingsley dan batagor Riri adalah tempat yang wajib dikunjungi jika ingin mencicipi batagor khas Bandung.

Surabi

Surabi

Surabi atau serabi adalah makanan khas orang Sunda yang bentuknya seperti pancake namun lebih kecil dan tebal, terbuat dari tepung beras.Surabi dibakar dengan menggunakan alat tradisional yaitu tungku dan cetakan khusus dari tanah liat. Surabi ini memiliki banyak rasa, dengan rasa yang dianggap paling original khas Sunda yaitu surabi oncom. Sementara itu, di sekitar kampus Enhaii di Jalan Setiabudhi, Bandung terdapat sederetan warung yang menjajakan surabi.

Surabi

Surabi

Warung ini menawarkan surabi dengan berbagai rasa atau istilah dalam kamus kuliner modern ‘topping’.
Mulai dari oncom, keju, coklat, dan berbagai rasa buah yang menciptakan sensasi rasa manis, asin, pedas, dan lain-lain. Jajanan ini populer di semua lapisan masyarakat dan dapat ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau di tempat-tempat jajanan dengan harga yang cukup murah.

Nah itulah kira-kira Jajanan Khas Bandung yang sangat enak dan lezat, kadang-kadang kalau pulang ke Cirebon suka membawanya sebagai oleh-oleh. Barangkali masih banyak jajanan khas lainnya, nanti bisa ditambahkan lagi. Selamat mencoba.

Sumber dari http://jomjalan.asia/news/35-planning-trip/73-jajanan-khas-bandung.html

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s