Resep Masakan Khas Sunda/Bandung

MASAKAN atau Asakan khas Sunda zaman dulu ternyata memiliki rasa pedas yang dominan. Sebab hampir di setiap masakan sayur maupun daging olahan, para orang tua zaman dulu selalu menggunakan cabai sebagai bumbu. Kalau pun tidak memakai bumbu pedas, pastilah ada sambal yang dihidangkan bersama lalaban segar.
Dalam khazanah kuliner Parahyangan sendiri, sambal bisa mencapai puluhan jenis. Sambal dadakan di antaranya sambal combrang, sambal tarasi, sambal cibiuk, sambal bajak, sambal kacang, dan sambal hejo.
Banyak juga asakan Sunda jaman dulu yang memakai cabai sebagai bumbu. Seperti sambal goreng ati kentang, sambal goreng kentang mustofa, ase cabe hejo, rendang jengkol, oblo-oblo tempe peuteuy cabe hejo, kadedemes atau oseng kulit sampeu, dan lainnya.

Ciri khas lain asakan Sunda yaitu kreatif memanfaatkan bahan dasar yang bagi kebanyakan orang dianggap tidak bermanfaat. Misalnya tumis genjer yang bahan dasarnya diambil dari tanaman gulma di sela tanaman padi, sayur kadedemes atau kulit singkong yang seringkali dianggap beracun, goreng impun garing yang terbuat dari ikan-ikan kecil yang hidup liar di sungai, atau tutut, hama keong yang hidup di sawah.

Ragam jenis masakan khas Sunda bahkan bisa mengalahkan kekayaan kuliner suatu negara di belahan dunia lain. Secara umum ada makanan pembuka seperti Soto Bandung. Ada juga makanan utama pendamping nasi seperti hayam bakakak, cumi hideung, sambel goreng ati kentang, semur jengkol, ulukutek leunca, ase cabe hejo, oblo-oblo tempe peteuy cabe hejo, kasreng hejo kacang hejo, dan lainnya.

Makanan khas Sunda lain yang memiliki rasa manis (amis-amis) biasanya dikelompokkan sebagai makanan penutup. Di antaranya putri noong, kelepon, cocorot, gurandil, awug, katimus, misro, dan sebagainya. Ada juga minuman khas seperti es goyobod atau es cingcau.

Satu kelompok makanan Sunda lagi biasa diistilahkan sebagai hahampangan atau makanan ringan. Di antaranya keremes, opak, kolontong, borondong, kalua jeruk, kerupuk melarat, semprong, dan lain sebagainya.

Beberapa Makanan Khas Sunda

1. Hayam Bakakak
Seekor ayam yang dibakar di atas suluh, setelah dibersihkan dan diberi bumbu khusus. Biasanya juru masak memakai sebilah bambu buat menjepit badan ayam supaya mudah dibolak-balik selama proses pembakaran. Biasanya dihidangkan pada acara pernikahan.

2. Cumi Hideung
Cumi yang dimasak selama 2-3 jam bersama tinta dan bumbu-bumbu khusus. Dihidangkan sebagai teman nasi (rencang sangu).

3. Sambal Goreng Ati Kentang

Sering dianggap sebagai makanan mewah yang hanya dihidangkan pada waktu-waktu tertentu. Seperti saat lebaran, resepsi pernikahan, khitanan, dan sebagainya.

4 . Sambal Goreng Kentang Mustofa
Bahan dasar berupa kentang yang dirajang halus seperti batang korek api. Kemudian diaduk bersama sambal merah. Belum ada keterangan pasti tentang pencantuman kata Mustofa yang terdengar seperti nama orang Arab. Diperkirakan Mustofa adalah nama orang yang mempopulerkan menu ini.

5. Kadedemes atau Oseng Kulit Sampeu
Kulit singkong direbus buat menghilangkan getah. Kemudian ditumis lagi bersama bumbu-bumbu serta ditaburi cabe rawit hijau. Setelah masak bentuknya hampir mirip gudeg nangka.

6. Kerupuk Melarat
Dibuat dari tepung aci (tapioka) kemudian dimasak hanya menggunakan pasir panas.

7. Putri No’ong

Berbahan adonan singkong parut yang dipipihkan, diisi pisang lalu digulung. Campuran itu dikukus dan dihidangkan dengan taburan parutan kelapa.

8. Gurandil
Termasuk makanan penutup yang terbuat dari adonan tepung beras, ketan hitam, dan aci. Biasa disajikan dengan taburan kelapa parut, gula putih, atau gula aren. (ricky)

Sumber : Tribun Jabar

http://www.bandungheritage.org

Ada beberapa masakan Khas Sunda yang resepnya bisa dilihat dalam tulisan dibawah ini :

1. Urap Sayuran :

Resep urap sayuran memang berbahan sederhana, namun kaya gizi dan serat lantaran terdiri dari banyak sayur-mayur yang baik untuk pencernaan, khususnya buat Anda yang sedang bermasalah dengan BAB. Kalau kuliner Barat memiliki salad, maka Indonesia memiliki urap sayur sebagai kompetitornya. Cobain deh resep asal Surabaya ini sebagai teman lauk pauk Anda.

Bahan-bahan

  • 50 gr kenikir, rebus matang
  • 50 gr daun singkong, rebus matang
  • 50 gr daun papaya, rebus matang
  • 50 gr kacang panjang, potong 3 cm, rebus matang
  • 100 gr taoge, siangi seduh air panas
  • 50 gr daun kemangi
  • 200 gr kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
  • 2 sdm air asam
  • 4 lembar daun jeruk
  • Gula, garam secukupnya

Bumbu Halus

  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 4 cm kencur
  • 1 sdm irisan gula merah
  • ½ sdt garam

Cara Membuat Urap-Urap Sayuran

  1. Aduk bumbu halus dengan kelapa, air asam, daun jeruk. Setelah itu kukus hingga matang selama kurang kurang lebih 20 menit
  2. Aduk rata sayuran dengan kelapa berbumbu, tambahkan garam dan gula bilamana perlu
  3. Hidangkan

Selamat mencoba.

2.  Sayur Lodeh Sunda :
Masakan sayur lodeh Sunda merupakan makanan khas Jawa, dengan kuah yang putih dan gurih. Pada resep kali ini cabe tidak ikut dihaluskan sehingga kuahnya terlihat putih. Gurih yang dihasilkan berasal dari terasi dan kemiri. Makan sayur lodeh paling enak ditemani dengan ikan asin dan nasi yang masih hangat. 

Bahan Bumbu Halus

  • 2 sdt ebi kering (rendam air panas sampai empuk)
  • 4 Bawang putih
  • 6 Bawang merah (boleh campur dengan bawang biasa)
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt kencur bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Garam 4 sdt

Bumbu tambahan

  • 4 iris tipis lengkuas
  • 4 lembar daun salam
  • 3 Cabe merah iris tipis
  • 3 Cabe hijau iris tipis
  • 3 batang daun bawang, potong 2 cm.
  • Gula jawa 3 sdt atau 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak canola (sayur) untuk menumis
  • ½ kaleng santan kental
  • 8 cup air

Sayuran

  • 1 buah terong ungu
  • 1 ikat kacang panjang
  • 2 buah labu siam
  • 1 potong tempe

Cara membuat

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan menggunakan hand blender atau food processor.
  2. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak sayur (canola).
  3. Masukkan bumbu tambahan, tumis sampai wangi.
  4. Masukkan sayuran yang sudah dipotong.
  5. Pindahkan ke dalam panci yang cukup besar, tambahkan air dan santan kental.
  6. Masak terus sampai sayuran empuk dan matang..
  7. Siap disantap.
3. Tumis Bunga Pepaya :
Buat yang seneng sama resep masakan dari bahan pepaya, kali ini bakal dicoba Resep Tumis Bunga Pepaya. Ga’ perlu dee nyamperin RM. Menado yang biasanya menyediakan menu tumis bunga pepaya kok, coba dee di dapur sendiri. :)Rasa Tumis Bunga Pepaya yang dahsyat, pahit dan pedasnya bikin kita pengen nambah terus… 

Bahan – bahan :

  • 150 gram daging ikan cakalang fufu, suwir
  • 200 gram bunga pepaya, siangi, rebus
  • 150 gram daun pakis, siangi
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan

Bumbu Halus :

  • 5 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi yang sudah matang
  • 5 buah cabai merah (dapat ditambahkan irisan cabai rawit jika suka pedas)
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  • Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bumbu halus bersama jahe dan serai hingga harum.
  • Masukkan suwiran ikan cakalang, aduk rata.
  • Masukkan bunga pepaya dan daun pakis, masak hingga sayuran layu dan matang.
  • Sajikan bersama nasi putih hangat.
4. Sambal Goreng Kentang Udang :
Kalau Anda bingung masak hari ini apa, mungkin bisa coba resep Sambal Goreng Kentang Udang dibawah ini. Selain enak, yang pasti penyuka seafood akan menikmati adanya udang dan kentang merupakan kombinasi yang asyik untuk dinikmati sebagai santapan makan yang gurih dan lezat. Paling enak bila sambal goreng disajikan dengan nasi hangat, krupuk dan kuluban (sayuran rebus). 
Bahan-bahan
  • 200 gr udang, bersihkan kepala & ekornya
  • 250 gr kentang, kupas & potong dadu, goreng setengah kering
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, geprak
  • 100 santan kental
  • 3 sdm minyak

Blender Halus

  • 3 buah cabe merah (plus cabe rawit secukupnya kalo doyan pedes)
  • 3 siung bawang putih, tumis setengah matang
  • 1 buah tomat matang ukuran kecil aja, tumis setengah matang
  • 1 cm lengkuas muda, cincang
  • 1/3 sdt terasi goreng

Bumbu-bumbu

  • ½ sdt garam ato secukupnya
  • 1 sdm gula merah ato secukupnya
  • 2 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat

  1. Panaskan minyak, tumis udang sampe setengah matang.
  2. Masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas. Tumis hingga wangi dan agak kering.
  3. Tuang santan, tambahkan bumbu. Didihkan hingga kental, masukkan kentang goreng.
  4. Kecilkan api, aduk rata dan teruskan memasak sampai kuah menyusut setengah kering.
  5. Angkat, sajikan dengan nasi hangat, krupuk dan sayuran rebus.

http://resep.org

5.  Resep Terong Goreng Pedas :
 

Bahan – bahan :

  • 2 buah terung ungu
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • tepung terigu secukupnya, untuk panir
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak wijen secukupnya
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 6 buah cabai merah
  • ½ buah tomat merah
  • 4 buah cabe rawit
  • 4 siung bawang merah
  • ½ sdt garam
  • gula pasir secukupnya

Cara membuat :

  • Bersihkan terung, lalu potong masing-masing miring kira-kira 1 cm dan bumbui dengan minyak wijen, garam dan merica.
  • Celupkan terung ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung terigu dan kemudian digoreng sampai matang, sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai aromanya harum dan kering, lalu masukkan terung goreng tadi, aduk hingga rata. Angkat.

Terong Goreng Pedas bakal terasa lebih maknyus kalo ga’ terlalu banyak menyerap minyak. Nah, jangan ketinggalan nie solusi mengurangi minyak di terong goreng.

Potong dulu terong sesuai selera, lantas rendam dulu dalam air garam sekitar 3 menit dan kemudian baru dee digoreng. Cara ini bisa mengurangi terserapnya banyak minyak. Selamat Mencoba

http://resep.org

6. Gepuk Daging :

Gepuk Daging mungkin akan menarik buat Anda yang suka dengan kekenyalan daging sapi. Bumbu yang meresap sempurna masuk dalam daging ini akan membuat Anda segera ingin menyantapnya.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sapi, rebus setengah matang, potong 5 x 5 cm, memarkan
  • 100 cc santan kental (1/2 butir kelapa)
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar salam
  • 1 ruas lengkuas, dimemarkan
  • 1 sendok makan air asam
  • 30 gram gula merah
  • garam secukupnya

Cara Membuat Gepuk Daging:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, gula merah
  2. Rebus bumbu ini bersama kaldu rebusan daging dan santan.
  3. Tambahkan garam, air asam, salam, dan lengkuas.
  4. Masukkan daging yang telah dimemarkan tadi.
  5. Rebus sampai daging betul-betul empuk dan bumbu meresap. Angkat.
  6. Setelah dingin, goreng daging hingga kecoklatan.

http://resep.org

7. Hayam Bakakak Bandung :

Bahan:

3 sdm minyak sayur
1 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
1 ekor ayam buras, buang cakarnya, cuci
1 liter santan encer
500 ml santan kental
1 sdm air asam Jawa

Haluskan:
6 buah cabai merah besar
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
4 cm kunyit
2 sdt ketumbar
2 cm jahe
1 cm lengkuas
1 sdt gula pasir
2 sdt garam

Cara membuat:

1. Biarkan ayam utuh, semat kepalanya dengan lidi agar bisa tegak saat matang.
2. Atau belah membujur dada ayam hingga terbuka. Lipat sayap ke arah belakang
dan tekan agar terbuka, jika perlu semat dengan lidi.
3. Tumis bumbu halus bersama serai, dan daun jeruk hingga harum.
4. Tuangi santan encer, didihkan.
5. Masukkan ayam utuh, masak hingga santan susut sebagian.
6. Tuangi santan kental, masak hingga seluruhnya matang dan bumbu mongering.
7. Angkat. Tuangi sisa bumbu. Sajikan.

Untuk 6 orang

http://alexselly.blog.com

8. Pepes Ikan Mas Bumbu Iris :

Bahan:

1 ekor ikan mas (600 g)
1 buah jeruk nipis
garam
5 buah cabai hijau, diiris
5 buah cabai merah, diiris
4 batang daun bawang, diiris
1 potong lengkuas, diiris
1 potong kunyit, diiris
6 lembar daun salam
20 lembar daun kemangi
daun pisang/alumminium foil

Cara Membuat:

  1. Badan ikan dikerat, lumuri garam dan air jeruk nipis, diamkan 10 menit
  2. Campur bumbu dengan garam sesuai selera, lumurkan pada badan luar ikan. Sebagian dimasukkan ke dalam perut
  3. Bungkus dengan daun pisang. Kukus sampai matang selama 40 menit
  4. Panggang sampai harum

sumber: Panggang dan Kukus – Yasaboga

http://alexselly.blog.com

9. Sambal Ati Rampela :

Bahan:

12 buah (300 gr) ampela/hati ayam, cuci bersih, kerat-kerat
air untuk merebus
3 sdm minyak goreng
10 butir bawang merah, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 sdm air asam jawa
1 sdm gula merah, sisir
100 ml air panas
20 mata petai, kupas
3 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris serong tipis, tumis
2 sdm bawang putih goreng untuk taburan

Haluskan:

2 siung bawang putih
4 buah cabai merah besar
1 buah tomat merah
1 sdt garam
1 sdt terasi matang

Cara Membuat:

  1. rebus ampela hingga matang dan empuk, angkat, tiriskan. Sisihkan
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu
  3. Masukkan bumbu halus, aduk rata. Masak hingga harum dan matang
  4. Tambahkan daun salam, lengkuas, serai, air asam jawa, dan gula merah, aduk rata. Masak hingga mendidih
  5. Masukkan ampela dan air, aduk hingga rata dan air habis
  6. Tambahkan petai dan cabai merah goreng. Aduk rata, angkat
  7. Taburi bawang putih goreng. Sajikan

http://alexselly.blog.com

10. Sayur Kacang Panjang :

Bahan Memasak Kacang Panjang Masak Santan :

  • 150-200 gr kacang panjang, potong2
  • 100 gr udang kecil, siap pakai
  • 500 ml santan
  • 1 bh tomat, potong 4
  • 1 lbr daun salam
  • 1 cm lengkuas, geprek
  • minyak, untuk menumis

Bumbu Halus Kacang Panjang Masak Santan :

  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 bh cabe merah
  • 1/2 sdt terasi
  • garam
  • gula pasir

Cara Membuat Kacang Panjang Masak Santan :

  1. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum.
  2. Tambahkan udang, masak hingga udang berubah warna.
  3. Tuang santan, masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan garam dan gula pasir.
  5. Masukkan kacang panjang, tomat, masak kembali.
  6. Cicipi rasanya.

11. Sambal Goreng Bandung :

Bahan dihaluskan :

  • 8 buah cabai merah, rebus
  • 10 siung bawang merah
  • 1/2 sdm terasi
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdt gula pasir
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 cm laos, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 buah tomat, belah 6
  • Tumis semua bumbu yang dihaluskan, beri serai, laos, dan daun salam
  • Masukkan tomat, aduk hingga rata. Angkat
  • Hidangkan sambal sebagai pendamping ayam goreng bandung

http://www.melroseflowers.com

12. Ayam Cibiuk :

Bahan:

1 ekor ayam

500 mL air kelapa

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

12 butir bawang merah

6 siung bawang putih

2 cm lengkuas

½ – 2 sdt garam

2 sdt gula merah

 

 

Sambal:

4 buah cabe merah

2 siung bawang putih

6 cm kencur

2 sdm terasi matang

1 sdt garam

2 sdt gula pasir

4 sdm oncom merah

10 buah cabe rawit

6 buah tomat hiaju, belah-belah

50 g daun kemangi

4 sdt air jeruk limau

 

 

Cara Membuat:

1. Potong ayam menjadi 4-8 bagian, oleskan bumbu halus, daiamkan selama ± 30 menit atau lebih supaya bumbu meresap.

2. Taruh ayam berbumbu dalam panci, tambahkan air kelapa, daun salam dan serai, tutup panci. Masak sampai ayam matang dan cairannya mongering, angkat.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

4. Sambal

Gerus cabe merah, bawang putih, kencur, terasi, garam, dan gula sampai halus. Masukkan oncom dan cabe rawit, aduk, tambahkan tomat, tekan-tekan sedikit sampai agak memar. Tambahkan daun kemangi dan air jeruk limau, aduk rata.

5. Penyajian

Taruh ayam goreng di atas cobek selagi masih panas, tambahkan sambal di atasnya tekan-tekan agar ayam memar dan sambal meresap ke dalam ayam. Sajikan dengan nasi merah dan petai bakar.

 

 

Catatan

Tomat hijau adalah tomat yang masih muda atau tomat yang belum matang. Jangan pilih yang terlalu muda, karena rasanya kadang-kadang getir atau pahit.

http://aantekom.dagdigdug.com

 

4 Balasan ke Resep Masakan Khas Sunda/Bandung

  1. sutira rubiah berkata:

    waah..wah,,enak betul aku suka banget makasih ya resepnya.

  2. ridwan Sutan zikir berkata:

    Ass, terimakasih ide dari catatan ini semua membuat bermanffat bagi kami semua, mudah-mudahan akang atauw agan atau teteh yang punya blog ini bisa di tambah catatannya di adakanya setiap makakana ada sejarah asal usul makanan dan masakan tersebut……….nuhun.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s