BISNIS MAKANAN OLAHAN IKAN – BANDENG PRESTO

bandengpresto (google)

bandengpresto (google)

PENDAHULUAN

Prosfek Bisnis Makanan Olahan Ikan sangat besar sekali peluangnya saat ini karena makanan ikan banyak dikonsumsi masyarakat kita diseluruh tanah air, termasuk di Kota Cirebon sendiri. Bisnis seperti ini bisa saja dilakukan dilingkungan rumah (Home Industry) bahkan bisa pula dilingkungan industri (IKM-UKM).

Melihat kondisi daerah Kota Cirebon yang berada di daerah pantai utara (Pantura)  Laut Jawa, banyak petambak tambak udang dan bandeng yang melakukan usaha budidayanya d1sepanjang pantai utara Laut Jawa. Hasil tambak tersebut banyak diperjualbelikan di pasar-pasar lokal maupun dikirim ketempat lain berdasarkan pesanan. Walaupun ada beberapa keluhan dari petambak udang dan bandeng tentang pencemaran limbah yang merugikan petambak,namun secara keseluruhan usaha ini masih berjalan dan bisa dijadikan sumber bahan baku industri makanan olahan ikan.

BANDENG PRESTO YANG DIGEMARI KONSUMEN

Sebagian besar dari kita banyak mengenal makanan Bandeng Presto bukan? apalagi yang suka berepergian ke daerah Semarang, wah pasti oleh-olehnya Bandeng Presto Duri Lunak. Di daerah Wilayah III Cirebon sendiri seperti di Indramayu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan Bandneg Presto Duri Lunak yang cukup maju. Dibawah ini ada artikel menarik tentang Bandeng Presto (http://mesinpresto.blogspot.com), cobalah simak sendiri.

Bandeng adalah ikan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas serta harganya yang murah membuat ikan ini banyak dilirik untuk dikonsumsi. Namun, disamping rasa yang enak, bandeng memiliki duri yang cukup banyak.

Saat ini bandeng disajikan dengan berbagai macam cara, mulai digoreng biasa, diasap hingga dimasak menggunakan panci presto hingga duri-duri yang bertebaran di tubuh bandeng hancur seketika. Bisnis bandeng presto ini cukup digemari dan membawa peluang yang cukup besar. Kenapa? Karena panci presto untuk keperluan rumah tangga masih sangat mahal. Apa gunanya punya panci presto kalau hanya dipakai seminggu sekali. Banyak keluarga masih berpikir dua kali untuk membeli panci presto

INDUSTRI BANDENG PRESTO

Dari sini muncullah ide, untuk memasakkan bandeng presto bagi keluarga. Layanan ini meliputi proses penghancuran tulang bandeng dengan panci presto hingga melengkapinya dengan bumbu dan lalapan. Walhasil, bisnis inipun maju pesat. Sekarang ibu-ibu tak perlu repot membeli panci presto tapi tetap bisa menikmati bandeng presto dengan harga yang terjangkau. Dengan mesin Bandeng Presto yang sangat canggih, anda bisa memulai usaha penjualan bandeng presto.

mesin_bandeng_presto1

mesin_bandeng_presto1

Mesin ini terdiri dari :
– 1 unit mesin proses presto
– 1 unit kompresor
– 1 unit pompa yang berfungsi sebagai sistem rangkaian sterilisasi

Bagi Industri skala kecil, sekarang ada mesin yang sangat cocok. Harganya relatif murah, namun mampu menghasilkan produk yang lumayan cepat.
Mesin Presto Industri bisa dipakai untuk bandeng presto dan ayam tulang lunak. Dilengkapi dengan petunjuk tekanan dan termometer yang mudah dibaca. Menggunakan bahan food grade serta mudah dalam operasional produksinya, menggunakan material stainless steel 304 dan memakai kompor LPG.

Kapasitas : 12,5 kg, 25 kg, 50 kg

alat_presto1

alat_presto1

lihat informasi lengkapnya bisa anda kunjungi situsnya seperti dibawah ini :

RESEP MASAKAN BANDENG PRESTO

BANDENG PRESTO

BANDENG PRESTO

Bandeng Presto merupakan makanan olahan dari ikan yang sudah dikenal disemua daerah di Indonesia, termasuk Kota Cirebon, terutama karena rasanya yang gurih,renyah dan enak. Bandeng presto bisa dimasak dengan resep-resep lain sehingga menambah rasa dan ketagihan. Dibawah ini ada beberapa resepnya yang diambil dari sumber data www.mesinpresto.blogspot.com dan Tabloid Nova.

Cara Membuat Bandeng Presto

BANDENG PRESTO

BANDNEG PRESTO

Versi I

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
1/2 kg ikan bandeng, bersihkan
1 sdt ragi instan
50 gr serai, memarkan
5 lbr daun salam
500 ml air

BUMBU HALUS:
15 bh bawang merah
5 siung bawang putih
5 cm kunyit
3 cm jahe
8 btr kemiri sangrai
1 1/2 sdm garam
(echa: ketumbar, lengkuas)

BAHAN PELAPIS:
1 btr telur kocok lepas
¼ sdt garam

CARA MEMBUAT:
1. Tata serai dan daun salam di dasar panci presto. Lumuri ikan bandeng dengan setengah bagian bumbu halus dan ragi instant, diamkan selama 2 jam.
2. Tambahkan air dalam panci, tutup rapat, nyalakan api, masak sampai tombol panci naik, lalu kecilkan api, rebus selama 30 menit. Matikan apinya.
3. Setelah tombol panci turun, buka tutupnya, keluarkan ikan bandeng.
4. Celup ikan dalam campuran bahan pelapis, goreng dalam minyak panas hingga matang.

Untuk 3 potong.

*****

Versi II

Sumber: Femmy Jaco

Bahan:
1 Ikan Bandeng ukuran sedang
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 3 siung
Ketumbar 1/2 sdt
Kemiri 6 butir
Garam secukupnya
Kunyit 2 cm
Jahe 2 cm
Lengkuas 2 cm
Sereh 2 batang
Daun jeruk 3 lembar

Untuk di panci: daun jeruk, sereh, jahe dan lengkuas yang dimemarkan secukupnya.

Cara Membuat:
– Haluskan bumbu2 (kecuali sereh dan daun jeruk)
– Masukkan sebagian bumbu ke dalam bandeng yang telah dibelah.
– Letakkan bandeng di klakat yang berlubang2, susun bandeng dengan cara berselang-seling (kepala-ekor, ekor-kepala)
– Siapkan panci presto, isi dengan air, jangan melebihi klakat
– Masukkan daun jeruk, sereh, jahe dan lengkuas yang telah dimemarkan. Terakhir masukkan klakat yang berisi bandeng. Tutup alat presto.
– Presto bandeng kurang lebih 1 jam (kalau pakai panci ISA)

Nah jika anda berminat untuk memasak dengan resep-resep diatas tentunya akan memberikan nuansa lain di dapur anda sendiri. Saya yakin seluruh keluarga anda akan senang dan bisa berweek end dirumah sendiri, selamat mencoba.

RESEP BANDENG PRESTO MENGGUNAKAN MESIN PRESTO INDUSTRY

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto.

Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci presto ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam mesin presto ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

Panci Presto adalah alat masak yang menggunakan energi dengan sangat efisien serta menghemat waktu. Kalau Anda memasak resep yang mengharuskan Anda mendidihkan air atau dimasak perlahan-lahan dalam waktu yang lama, Panci Presto dapat menghemat hingga 70% dari energi yang diperlukan dan menggunakan sepertiga waktu yang diperlukan. Selain itu Panci Presto juga mengefisiensikan penggunaan air yang diperlukan. Selain itu dengan tekanan dan suhu tertentu, bisa melunakkan duri ikan dan tulang ayam. Tristar Machinery memproduksi Mesin Presto yang kulitasnya bagus, tebal & aman, terbuat dari bahan stainless stell yang food grade (memnuhi standard kualitas ).

Mesin presto Industri yang diproduksi Tristar Machinery ini sangat cocok untuk Industri Rumahan, Usaha UKM (Usaha Kecil Menengah), untuk Katering, Restoran & Usaha dibidang Toko Oleh Oleh. Dengan Investasi Ringan anda akan dapat memulai Usaha: Bandeng Presto, Ayam Tulang Lunak, Bebek Presto, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal yang diperlu diperhatikan pada pembuatan Bandeng Presto adalah pemilihan bahan bakunya.

Ada beberapa jenis bandeng yang bisa kita peroleh di pasar, Cara memilih bandeng presto untuk industri Bandeng Presto:

1. 100% bau tanah, bandeng ini pada saat dimasak sudah tercium bau tanahnya.

2. 50% bau tanah, bandeng ini saat dimasak belum tercium bau tanahnya, tetapi pada saat dimakan baru terasa bau tanah.

3. Bandeng yang tidak berbau tanah, bandeng jenis ini yang bagus untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan banding presto.Ciri ciri khususnya adalah sbb: punggung bandeng bewarna hitam, bibir bandeng bewarna kemerahan.

Selain itu, kita harus memilih bandeng yang kondisinya bagus & masih segar, Ciri cirinya adalah sbb:

1. Bau Bandeng masih terasa segar, khas bau ikan.

2. Sisik Masih utuh, melekat kuat, tidak terkelupas, tertutup lender bening.

3. Mata/kornea bening & agak menonjol/cembung.

4. Insang berwarna merah sampai merah tua, cemerlang, tidak berbau.

5. Kulit cemerlang, warnanya kontras & tidak pudar.

6. Daging masih elastis, apabila ditekan segera kembali.

Bumbu yang diperlukan untuk Resep Bandeng Presto:

Bawang Putih 20 siung

Bawang merah 10 siung

Ketumbar 1 sendok makan

Kemiri 20 butir

Garam 5 sendok makan

Bumbu masak/Vitsin secukupnya

Kunyit secukupnya

Pewarna Makanan Kuning secukupnya

Semua Bumbu ini diblender sampai halus.

Cara Pengolahan:

Siapkan bandeng segar yang telah dibersihkan isi perutnya, tetapi tidak dibersihkan sisiknya. (Kita tidak dapat memproduksi bandeng presto yang tanpa sisik, karena apabila sisiknya dihilangkan maka apabila dipresto bandeng tersebut akan hancur). Letakkan Ikan Bandeng di talenan.

Pengang Bandeng dengan arah Kepala disebelah kiri dan punggung dibawah. Potong Melintang +- 3Cm dari ekor, potong sampai terasa kena tulangnya, kemudian tarik pisau /dikerat membelah punggung sampai kepala bandeng.

Masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalam bandeng yang telah dibelah. Lumuri semua permukaan bandeng sampai tertutup bumbu.

Letakkan Bandeng yang telah diberi bumbu ke loyang bulat yang berlubang lubang, susun bandeng dengan cara berselang seling (kepala-ekor, ekor-kepala)

Siapkan Mesin Presto Industri, isi dengan air sampai kira kira 2cm di bawah loyang yang paling dasar, beri bumbu penyedap: Jahe, Laos, sereh & daun Jeruk purut.

Susun Loyang yang sudah berisi bandeng, dengan pembatas bambu, sampai presto ¾ penuh. Presto Bandeng sampai durinya lunak.

Sumber Artikel dari http://www.infomesin.com/resep-bandeng-presto-menggunakan-mesin-presto-industry.html

BANDENG PRESTO (IKAN DURI LUNAK)

Daging ikan bandeng dikenal gurih, beraroma khas dan berwarna putih. Tetapi, duri/tulang halusnya banyak sehingga menyebabkan masalah jika akan dikonsumsi. Untuk mengatasi hal ini, ikan bandeng kemudian diolah menggunakan pemasakan bertekanan (autoclave atau pressure cooker) untuk memperoleh produk ikan bandeng yang mempunyai tulang yang lunak yang dikenal sebagai bandeng presto.

Produk olahan ikan duri lunak, sesuai dengan namanya, mempunyai duri/tulang yang lunak. Bahan baku untuk pembuatan ikan duri lunak saat ini bukan hanya ikan bandeng saja, tetapi juga ikan berduri banyak lainnya (misal ikan lemuru, mujair, tawes, ikan terbang) dan ikan-ikan lainnya.
Pengolahan ikan duri lunak merupakan modifikasi dari pemasakan tradisional (ikan pindang). Dibandingkan dengan cara tradisional, waktu yang dibutuhkan untuk pemasakan bertekanan lebih singkat. Produk akhimya mempunyai warna, aroma dan rasa yang tidak banyak berubah dibandingkan dengan ikan segarnya, tekstur dagingnya menjadi lebih padat dan kenyal (dibandingkan dengan ikan pindang) dan duri/tulang menjadi lunak sehingga seluruh bagian tubuh ikan dapat dikonsumsi.

Bahan yang dibutuhkan
Ikan segar {jenis yang sama dengan ukuran yang seragam), garam dapur (NaCI), bumbu-bumbu, daun pisang/aluminium foil.

Cara Pembuatan

Persiapan ikan

* Ikan berukuran besar : terlebih dahulu buang sisik, dan potong insang ikan. Belah bagian perut ikan untuk mengeluarkan isi perut, usahakan agar empedu tidak sampai pecah.
* Ikan berukuran sedang : terlebih dahulu buang sisiknya. Keluarkan insang dan isi perut dengan menarik insang secara perlahan-lahan sehingga seluruh isi perut dapat tertarik keluar melalui rongga insang.

Cuci ikan dengan air bersih, agar semua kotoran yang masih melekat terutama di bagian rongga perut dan sisa pembuluh darah dapat dibersihkan. Sebaiknya menggunakan air mengalir, agar ikan besar-benar bersih.
Untuk meniriskan air dari ikan, susun ikan pada wadah dengan posisi bagian perut menghadap ke bawah agar tidak ada air yang menggenang terutama di rongga perut.
Setelah agak kering, timbang berat ikan dengan menghitung jumlah bumbu yang dibutuhkan. Siapkan bumbu dengan formula, sbb

* Bawang merah 20 gram
* Bawang putih 10 gram
* Jahe 5 gram
* Kunyit 5 gram
* Laos 5 gram
* Ketumbar 1/2 sendok teh
* Kemiri 1-2 buah
* Air 1/2 gelas
* Daun jeruk purut 1 lembar
* Daun salam 2 lembar
* Garam 20 gram
* Cabe, asam (tanpa biji) dan vetsin secukupnya

Giling halus semua formula bumbu yang akan digunakan menjadi adonan bumbu.
Lumuri Ran dengan bumbu, sampai permukaan Ikan tertutupi bumbu. Untuk Ikan berukuran besar, masukkan sebagian bumbu ke dalam belahan perut ikan.
Bungkus ikan yang telah diberi bumbu dengan daun pisang atau aluminium foil.
Susun ikan di dalam pressure cooker atau autoclave.
Lakukan pemasakan selama 45 menit.
Setelah pemasakan selesai, keluarkan ikan dad pressure cooker atau autoclave, dinginkan, kemas dalam kantong plaslik dan simpan di suhu rendah.
Asyik kan dapat menjadikan keterampilan membuat bandeng presto ini menjadi suatu peluang usaha yang baik.

Sumber Artikel : Tekno Pangan & Agroindustri Jurusan Teknologi Pangen dan Gizi -IPB

KESIMPULAN DAN SARAN

Niat berbisnis didunia makanan olahan ikan bukan mustahil dikerjakan sendiri dilingkungan rumah sebagai home industri atau industri kecil rumah tangga, tetapi bukan mustahil pula jika dilakukan di lingkungan yang lebih meningkat sarana prasarana dan investasinya yakni industri menengah. Semua tergantung dari niat usaha dari pribadi kita masing-masing selama prosfek usahanya dapat dipertanggungjawabkan. Kegigihan,ketaqwaan, ketekunan, keuletan , kesabaran dan selalu berinovasi serta melihat perkembangan pasar, maka itulah yang akan membawa kita dalam kesuksesan berusaha.

Selain kiat berusaha seperti diatas, ada hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan alat atau mesin bandeng presto (http://infomesin.com/tips-memilih-cara-penggunaan-mesin-presto-industri.html), diantaranya adalah sebagai berikut :

Tips Memilih & Cara Penggunaan Mesin Presto Industri :

064_mesin_presto_tristar

Panci Presto adalah alat masak yang menggunakan energi dengan sangat efisien serta menghemat waktu. Kalau Anda memasak resep yang mengharuskan Anda mendidihkan air atau dimasak perlahan-lahan dalam waktu yang lama, Panci Presto dapat menghemat hingga 70% dari energi yang diperlukan dan menggunakan sepertiga waktu yang diperlukan. Selain itu Panci Presto juga mengefisiensikan penggunaan air yang diperlukan. Selain itu dengan tekanan dan suhu tertentu, bisa melunakkan duri ikan dan tulang ayam.

1. Untuk memproduksi Bandeng Presto yang hasilnya maksimal, perlu memilih mesin presto industry yang terbuat dari stainless steel tebal & kuat, karena kita memerlukan tekanan yang besar, agar tulang bandeng bisa lunak. Mesin Presto industry yang bagus dilengkapi dengan pengaman, jadi apabila tekanan presto melebihi dari yang ditentukan otomatis pengaman akan terbuka & uap air yang berlebihan bisa keluar secara otomatis. Mesin Presto yang tidak dilengkapi dengan pengaman sangat berbahaya, karena resikonya bisa meledak.

2. Pada saat Pemasangan Tutup presto, pastikan karet presto sudah tepasang rapi & benar pada tempatnya. Pemasangan karet presto yang salah akan mengakibatkan presto tidak rapat & uap air akan keluar/ngobos sehingga tekanan yang kita harapkan tidak tercapai.

3. Karet presto yang sudah dipakai berulang ulang bisa rusak & tidak elastis lagi. Sehingga proses tidak sempurna. Untuk itu secara berkala kita harus mengganti karet presto yang telah mati.

4. Pada Saat memasak memakai Presto Industry, api yang digunakan harus besar. Sehingga tekanan presto yang kita harapkan bisa cepat tercapai. Sehingga Hasil Bandeng presto bisa bagus.

5. Pada saat membuka katup uap untuk menurunkan tekanan, uap dikeluarkan secara perlahan lahan, apabial terlalu cepat akan menyebabkan Bandeng menjadi hancur.

6. Setelah Bandeng dikeluarkan dari presto, diangin anginkan dalam ruangan yang steril & dingin (ber AC) sampai permukaan bandeng kering. Setelah itu baru dikemas memakai Mesin Pengemas Vaccum.

7. Plastik yang digunakan untuk mengemas bandeng presto, adalah plastic jenis Nylon yang tebal. Plastik Nylon adalah plastic yang elastis & tidak berpori, sehingga tidak mudah robek, selain itu karena tidak berpori, maka makanan yang tersimpan didalamnya akan lebih panjang masa simpannya.

8. Agar bentuk bandeng bisa bagus dan rapi, bagian alas bawah plastic bisa diberi karton.

9. Apabila menginginkan produk yang tahan lama, pada saat pengolahan bisa ditambahkan bahan pengawet jenis Premium HQ/Potassium Sorbat. Kadar maximum yang diperbolehkan adalah 1 gr/ kg bahan yang diawetkan. Penambahan bahan pengawet ini bisa dicampurkan pada bumbu yang diblender.

KLIK DISINI untuk Product List Tristar Machinery Anda ingin mendapatkan resep bandeng presto menggunakan mesin presto industri? Bisa klik di: http://www.infomesin.com/resep-bandeng-presto-menggunakan-mesin-presto-i… Untuk mengetahui jenis bahan tambahan pangan (BTP) yang diperbolehkan oleh Dep Kes bisa klik di: http://www.tristarchemical.com

PENUTUP

Demikian uraian yang panjang dan lebar ini semata untuk memberi pencerahan bagi masyarakat Kota Cirebon khususnya dalam memilih bisnis yang akan dilakukan, kami merasa masih belum cukup sempurna dalam menuangkan gagasan dalam media yang terbatas ini. Namun kami akan terus berusaha untuk mencari bahan yang lebih baik dan jangan lupa tuliskan komentar anda. Terima Kasih atas perhatian dan attensinya. Salam.

Penyunting : Halimi,SE,MM.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s